Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami (031) 8299094

KREASI PISANG GORENG CINTA

KREASI PISANG GORENG CINTA

Jumat adalah hari istimewa bagi umat Islam, bagi murid-murid kelas VI SD Al Hikmah Full Day School Surabaya juga pastinya. Aura bahagia terpancar dari wajah-wajah ceria mereka saat memasuki kelasnya. Keceriaannya berbeda dari hari-hari biasanya. Jumat, hari efektif sekolah dengan agenda yang tak biasa, yaitu life skill.
Sekolah yang bervisi menjadikan sekolah Al Hikmah sebagai agen perubahan masyarakat ke arah kehidupan yang lebih baik sesuai Al-Qur’an dan Sunnah tersebut tak hanya akhlak dan akademik yang diperhatikan. Bagaimana para murid dan alumni memiliki kecakapan hidup pun jadi pusat perhatian. Itu sebabnya dari sekian hari efektif dalam sepekan, tiap hari Jumat ada agenda life skill.
Karena yang dibidik life skill, tentu saja ada banyak variasi kegiatannya atau berbeda kegiatan tiap Jumatnya. Hari ini, Jumat (4/3) mereka praktik membuat kreasi pisang goreng. Mulai penyiapan bahan, proses pembuatan, hingga pemberian topping sampai pada platting harus dilakukan sendiri. Bagi yang hadir di sekolah, ada pembimbingan dan pengawasan guru. Mereka membawa bahan dasar dari rumah. Kompor, penggorengan, dan minyak goreng disediakan sekolah. Guru-gurunya pun praktik dengan bahan dan perlengkapan lengkap yang dibawah dari rumah. Guru tak hanya menginstruksi atau membimbing. Pemberian contoh dari guru itu

pasti.

Setelah mendampingi murid-muridnya berkegiatan life skill, Setiba di kelas, Ustazah Wijanan menanyakan rasa pisang goreng karya murid-muridnya. “Enak banget punyaku, Ustazah,” jawab salah satu murid. “Itulah rasa makanan yang dimasak penuh cinta,” jelas guru kelas VI tersebut.
“Aku seneng ada kegiatan life skill begini. Untungnya banyak. Bisa bikin pisang goreng, bisa makan banyak tanpa beli, dan pastinya aman karena minyaknya baru. Ini sehat. Trus bisa bikinkan papa yang lagi kerja di rumah,” terang Alisha Kiasatina Mikayla, kelas VI-D saat ditanya kesan kegiatan life skill.
“Iya, kalau bikin sendiri tak seperti yang di jual di tepi jalan itu, yang mungkin berdebu. Punyaku enak kukasih topping milo, Ustazah,” sahut Salsabila Nadya Ghani, teman sekelasnya.
Pembauran pengetahuan dengan pengalaman dapat menumbuhkan daya pikir kritis. Itulah salah satu manfaat yang didapat jika mereka praktik. Selain itu, dengan praktik membuat kreasi pisang goreng ini, mereka diharapakan bisa membuat kudapan lainnya untuk anggota keluarga dengan penuh cinta.
~NS~