Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami (031) 8299094

Berkarya Untuk Negeri

Mengenalkan karya dalam negeri

Berkarya Untuk Negeri

Kamis, 16  Juni 2022 kelas 3 SD Al Hikmah Surabaya mengadakan kegiatan kreasi batik “Daun Efek”. Bahan yang dipakai dari aneka daun dan bunga. Bahan alam yang ada disekitar rumah siswa. Adapun kain yang akan dibatik dengan Teknik tersebut berupa tas berwarna putih tulang. Kalau kita peduli lingkungan dan mampu lingkungan untuk berkarya. Maka kita akan mendapatkan efek dari alam yang baik dan bermanfaat. Kita siap berkarya untuk negeri tercinta. Menciptakan kreasi baru dan bisa dijadikan peluang usaha (entrepreneur).

 

Sebelum membuat karya, siswa dibantu orang tua masing-masing mencari aneka daun yang dimiliki di sekitar halaman rumahnya. Pagi harinya (Kamis) para siswa sudah membawah aneka daun pilihan dan tidak lupa membawa “ulek-ulek” sebagai senjata untuk membuat batik efek daun. Tepat pukul 08.00 mereka berbaris di halaman sekolah untuk melakukan pemanasan. Pemanasan untuk melenturkan jpersendiri dan membuat suasana riang gembira yakni  dengan melakukan senam pagi.

 

Kegiatan inti dilakukan tepat pukul 08.30. Para siswa  kelas 3 SD Al Hikmah

dikelompokan berdasarkan kelas masing-masing. Mereka duduk berhadap-hadapan lengkap dengan peralatan membatik efek daun. Setelah mendapatkan beberapa instruksi dari ustad-ustadzah mereka mulai melakukan penataan daun di taruh di atas tas berwarna putih tulang berlabel logo SD Al Hikmah Surabaya. Setelah betul-betul bagus penataan disain batik efek daunnya, barulah dimulai kegiatan yang unik.

 

Mereka memulai dengan memukuli daun yang sudah ditata tadi dengan alat pemukul yang unik yaitu “ulek-ulek”. Ulek-ulek yang biasa untuk menghaluskan bumbu beralih fungsi menjadi alat pemukul. Suara bergemuru mulai terdengar. Alunan ketukan saut menyaut, membahana di depan kantor sampai dengan ruang PSB. Para siswa bersemangat agar segera menghasilkan karya seni batik yang terbaik.

 

Hasil karya batik efek daun akan dipamerkan pada saat penerimaan rapot. Karya yang sudah diberi efek daun karya siswa kelas 3 ini akan dibandrol dengan harga sesuai dengan keinginan siswa yang membuat. Ada siswa yang membandrol karyanya dengan harga lima puluh ribu rupiah dan ada pula yang kurang dari limah puluh ribu rupiah.