Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami (031) 8299094

Warisi Jiwa Pahlawan

Program studi wisata ke "Tugu Pahlawan" dan "Musium Surabaya"

Warisi Jiwa Pahlawan

Surabaya Kota Pahlawan. Karena itu, jika ingin belajar jiwa kepahlawanan, kita tak perlu jauh-jauh melangkah ke kota lain. Cukup di kota sendiri, Surabaya. Niat itulah yang melandasi siswa kelas IV SD Al Hikmah beranjangsana ke Tugu Pahlawan dan Museum Surabaya pada Rabu, 6 Maret 2019.  Tunas-tunas muda calon pemimpin Indonesia ini ingin mematrikan jiwa kepahlawanan ke dalam dada-dada mereka. Jiwa cinta tanah air, cinta kebenaran, dan rela berkorban untuk sesama.

 

Kafilah pembelajar ini berangkat dari pelataran sekolah tercinta pukul 07.30. Dengan menumpang 4 bus pariwisata, rombongan sejumlah 192 siswa dan 12 guru ini menuju lokasi pertama, Tugu Pahlawan. Sekitar pukul 08.30, tapak kaki mungil generasi Indonesia ini telah menjejak rumput hijau tempat berdiri megahnya monumen yang menyerupai pensil terbalik ini. Dengan dipandu 4 orang pemandu wisata, para

pembelajar cilik ini menyimak dan mencatat hal-hal penting yang mereka terima. Interaksi pembelajaran pun makin semarak kala mereka mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan. Seluruh area Tugu Pahlawan mereka jejaki, mulai pelataran yang berisikan payung tokoh pahlawan, sampai sudut-sudut museum.

 

Lalu, pada siang hari, seusai shalat dhuhur berjamaah, kafilah pembelajar ini pun melanjutkan langkah menuju lokasi kedua, yaitu Museum Suroboyo. Di museum yang berlokasi di gedung Siola, area Jalan Tunjungan ini, mereka belajar riwayat Kota Surabaya. Saat masuk pintu museum, mereka disambut jajaran foto para wali kota yang pernah memimpin Surabaya. Di sana juga terdapat benda-benda kuno khas Surabaya. Seperti plakat nama jalan, becak, peralatan rumah saki, dan lain-lain. Dan akhirnya, perjalanan ini berakhir pukul 14.00. Rombongan kembali ke sekolah. (Fen)