Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami (031) 8299094

Sehat Cantik dengan Lipbalm dan Liptint Buatan Siswa Kelas 6 SD AL Hikmah

Program TA (Tugas Akhir) siswa kelas 6

Sehat Cantik dengan Lipbalm dan Liptint Buatan Siswa Kelas 6 SD AL Hikmah

“Kakak-kakak ini makin kreatif saja,” ungkap Icha, murid kelas V SD Al Hikmah Full Day School Surabaya. Sebuah respon satu murid yang membeli  produk hasil karya kakak kelasnya. Unik memang, anak SD bisa membuat berbagi inovasi produk makanan dan kecantikan yang menyehatkan. Ada yang membuat liptint buah naga, pancake sayur, mie berbahan dasar buah, lipbalm, permen, dan pudot sayur.

 “Kebanyakan anak-anak menggunakan bahan dasar sayur dan buah untuk inovasi tugas akhirnya karena beberapa teman mereka tidak suka sayur dan buah,” terang Ustazah Tjuk Asrining, guru kelas VI. “Ya, anak-anak juga beralasan agar semua orang bisa tetap mengonsumsi sayur,” jelasnya lagi.

Di kelas VI memang ada Tugas Akhir, sebuah program wajib yang harus dilalui semua murid kelas VI. Khusus hari ini, Kamis, 15 Agustus 2019, anggota

kelompok Tugas Akhir IPA diibau untuk memasarkan produknya. Mereka diberi waktu khusus, saat istirahat dan bertempat di area balkon lantai 2 Graha Baitus Salam. Tidak lebih dari 15 menit, produk mereka ludes oleh teman-teman dan adik-adik kelasnya. Setimpal dengan usahanya. Proses kreatif yang tidak bisa diremehkan. Mereka berulang melakukan percobaan hingga terwujud produk  yang luar biasa. Selain menjual produk, anggota kelompoknya  ada mengedarkan quesionare pada pembelinya karena data terkait dengan produknya diperlukan untuk pelaporan, baik bentuk laporan tulis maupun presentasi.

Tak semua orang harus  memiliki jiwa wirausaha, namun kemampuan berkomunikasi, kedisiplinan, dan kreativitas sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan. Semoga pengalaman murid-murid kelas VI tersebut bisa menjadi langkah awal dalam mencapai keberhasilan dunia-akhirat. NS