Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami (031) 8299094

Presentasi Tugas Akhir, Siswa SD Al Hikmah Surabaya Gunakan Bahasa Inggris.

Presentasi Tugas Akhir Siswa Kelas 6 dilaksanakan secara langsung via Zoom dan youtube.

Presentasi Tugas Akhir, Siswa SD Al Hikmah Surabaya Gunakan Bahasa Inggris.

Pandemi covid-19 tak menjadi penghalang bagi murid-murid SD Al Hikmah Full Day School Surabaya untuk terus berproses, berkarya, dan mengasah berbagai kecakapan hidup. Salah satu perwujudannya, melalui pengerjaan tugas wajib bagi murid kelas VI, berupa tugas akhir.

Tepat hari Senin–Selasa, 05–06 April 2021  murid-murid jenjang akhir SD tersebut unjuk keberanian presentasi di depan publik layaknya narasumber dalam Webinar. Mereka berkelompok. Tiap kelompok ada tiga presenter yang bergantian presentasi secara virtual dan dibantu satu moderator dari anggota kelompok lain. Peserta yang hadir, yang sekaligus sebagai penguji adalah orang tua mereka, para guru, dan teman-teman sejenjangnya.

Tiap kelompok diberi waktu presentasi 30 menit, mulai pembukaan, uji coba karya, sesi tanya jawab, pemberian opini, dan penutupan.

Presentasi berbahasa Inggris tersebut mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari peserta. Orang tua presenter yang di luar kota juga memprioritaskan untuk mengikuti presentasi tersebut. Presenter digelontor berbagai pertanyaan oleh orang tua dan teman-temannya. Ustaz Andik, M. Pd, Direktur YPLI Al Hikmah Surabaya dan Ustaz Bambang, M. Pd. selaku kepala sekolahnya

juga turut hadir dan menguji. Mereka juga bisa menjawab dengan baik karena mereka mengalami  proses yang cukup panjang. Kurang lebih 3 bulan mulai mentah, yaitu pencarian ide, konsultasi, hingga presentasi.

Program tersebut bukan kali pertama di SD Al Hikmah Surabaya, melainkan sudah kali kesekian. Hanya saja, tahun ini pelaksanaanya secara virtual, melalui Zoom Zeeting dan live streaming YouTube.

Tugas Akhir tersebut menjadi media peningkatan kemampuan menyelesaikan persoalan karena mereka harus memutuskan satu jenis karya untuk kelompoknya. Selanjutnya, mereka harus membangun komunikasi efektif antaranggota kelompok terkait percobaan hingga  mengomunikasikannya pada publik/ presentasi. Dengan cara tersebut, mereka mendapatkan pengalaman membangun super tim secara kompak, amanah, dan penuh tanggung jawab.

 Mencari ide,  percobaan, menuliskannya dalam makalah dan meramunya menjadi ppt, dan presentasi bagi anak SD bisa jadi itu hal baru.

Pemberian pengalaman-pengalaman tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berkarya, berliterasi, menumbuhkan kepercayadirian murid-murid. Yang kesemuanya diharapkan dapat memberi manfaat untuk kehidupannya kelak.