Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami (031) 8299094

Percaya diri Siswa Kelas 5 Berjualan Selada di Sekolah

Percaya diri Siswa Kelas 5 Berjualan Selada di Sekolah

“Dipilih dipilih dipilih”, teriakan salah satu anak kelas 5 saat bertugas menjual tanaman selada hasil panen mereka. “Silakan ambil sendiri di kebun tanaman yang mau dibeli”, lanjut mereka. Hari ini, Selasa 12 Maret 2019 siswa kelas 5 mendapat giliran bertugas menjual tanaman selada hasil panen mereka. Tanaman yang dirawat secara hidroponik selama satu bulan setengah tumbuh dengan sangat baik. Besaran dan warna selada sungguh sangat menarik orang yang melihatnya.

Siswa kelas 5 memilih waktu saat istirahat pertama untuk berjualan. Mereka menawarkan ke adik dan kakak kelas. Mereka juga menawarkan ke orang tua mereka yang berminat. Yang menarik dalam penjualan ini, siswa yang ingin membeli diminta untuk memilih sendiri tanaman dalam kebun.

Sedangkan bagi orang tua yang berminat khususnya siswa kelas 5 dapat memesan melalui anak mereka. Tanaman yang telah dipesan dapat diambil saat mereka pulang melalui siswa yang bertugas menjual tanaman tersebut.

Berjualan tanaman selada yang dirawat secara hidroponik ini merupakan bagian pembelajaran IPA. Siswak kelas 5 tidak hanya dikenalkan tentang tanaman, namun mereka diajak juga terjun langsung mulai dari menanam, merawat hingga menjual hasil panen. Di pembelajaran ini tidak hanya pengetahuan yang menjadi target. Penanaman sikap akan tanggungjawab, kedisiplinan dan jiwa entrepeneur ( wira usaha ) dipupuk dalam pembelajaran ini.

Alhamdulillah, berkat dukungan orang tua dan kesabaran guru dalam membimbing anak-anak, kegiatan ini berjalan dengan baik.