Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami (031) 8299094

Motivasi Anak Untuk Berkarya dan Berprestasi di Masa Pandemi

Motivasi Anak Untuk Berkarya dan Berprestasi di Masa Pandemi

Pagi ini, Kamis (11/02), siswa kelas 1 SD Al Hikmah Surabaya sudah berada di depan layar laptop. Sebagian sudah siap dengan alat dan bahan makanan  dan sebagian nampak sibuk menyiapkan beberapa bahan makanan. Kesibukan meyiapkan bahan makan tersebut karena anak-anak akan mengikuti kegiatan Gebyar Tematik yang salah satu agendanya adalah cooking class. Tentu saja anak-anak menyambut dengan gembira!

Gebyar Tematik yang mengambil tema “Sehat Makananku, Gemilang Prestasiku” dikemas sangat menarik. Ada beberapa kegiatan diantaranya pameran virtual karya kolase daun dan celengan seluruh siswa kelas 1, senam gizi seimbang bersama, lalu ada edukasi pentingnya membaca buku dari kepala perpustakaan oleh Ustaz Ammar, wawancara peminjam buku terbanyak di kelas 1, dan yang paling ditunggu-tunggu adalah edukasi gizi seimbang dari UKS SD Al Hikmah yang disampaikan dr. Aiz, dan cooking class.

Pameran Virtual Karya Siswa

Kegiatan Gebyar Tematik kali ini adalah bentuk sarana unjuk karya hasil pembelajaran. Salah satunya melalui pameran virtual via zoom meeting. Kali ini karya yang dipamerkan adalah hasil kolase daun anak-anak dan celengan. Hari ini kita lihat, luar biasanya anak-anak ini, karya-karya mereka sangat bagus sekali. Daun-daun di halaman rumah mereka bentuk menjadi karya luar biasa menjadi berbagai macam bentuk hewan dan bunga. Ada yang membentuknya menjadi burung, sapi, singa, kupu-kupu, kura-kura, katak, dan lain sebagainya. Karya yang dipamerkan selanjutnya adalah celengan. Celengan ini dibuat dalam rangka menyambut bulan Ramadan yang mana celengan ini difungsikan sebagai kotak infaq. Anak-anak mulai dilatih untuk infaq, memasukkan di celengan, dan nanti bila uang sudah terkumpul akan diberikan kepada orang yang membutuhkan. Agar lebih semangat berinfaq, maka anak-anakpun menghias kotak infaqnya.

Edukasi Cinta Buku

Kegiatan berikutnya yakni Edukasi Cinta Buku. Sesi ini menampilkan ustaz Ammar, Kepala Unit Perpustakaan SD Al Hikmah, dan enam anak hebat, mereka adalah peminjam buku terbanyak di kelas 1 yang mewakili kelasnya masing-masing. Luar biasa lo anak-anak kelas 1, ada yang peminjaman bukunya tiap bulan mulai 20 buku hingga 100 buku. Ustaz Ammar pun mewawancarai keenam anak ini dan menjadikan mereka inspirasi untuk anak-anak yang lain agar gemar membaca buku. Selain itu, Ustaz Ammar juga mengajak anak-anak untuk meminjam buku

di perpustakaan. Meski pandemi, perpustakaan sekolah tetap melayani anak-anak yang ingin meminjam buku. Tentunya, pelayanan dilakukan dengan tetap menaati protocol kesehatan. Selain itu, saat ini untuk meminimalisir kontak fisik, peminjaman buku juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi sekolahku. Kini meminjam bukupun jadi lebih mudah. Semoga dengan memaksimalkan pelayanan, anak-anak menjadi lebih rajin membaca. 

Edukasi Gizi Seimbang, Cooking Class,  dan Makan Bersama

Inilah kegiatan yang sangat ditunggu anak-anak, yakni cooking class dan makan bersama. Namun, sebelum cooking class, ada edukasi gizi seimbang dari dr. Aiz atau lebih akrab disapa dengan Ustazah Aiz. Dalam pemaparannya, Dr. Aiz menekankan pada anak-anak untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat dengan menerapkan Prinsip gizi seimbang. Ada empat pilar gizi seimbang yang wajib diterapkan yakni, pentingnya pola hidup aktif dan berolahraga, menjaga berat badan ideal, mengonsumsi makanan dengan beraneka ragam, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Anak-anakpun antusias dengan penjelasan dr, Aiz dan banyak yang bertanya melalui kolom chat.

Setelah pemaparan materi gizi seimbang dari dr. Aiz, tibalah pada sesi cooking class. Cooking class kali ini, anak-anak dipandu oleh dua ustazah yang menyamar menjadi chef. Mereka adalah Ustazah Susanti dan Ustazah Ila. Hmmss.. anak-anakpun langsung dipandu untuk membuat sandwich. Sandwich yang dibuat kali ini harus memenuhi aturan gizi seimbang. Harus ada karbohidrat berupa roti, sayuran, protein bisa beef atau telur, dan ada buah. Makanan yang dibuat kali ini adalah bentuk praktik yang harus dilakukan anak-anak untuk lebih dekat dengan makanan sehat. Serta, menekankan bahwa makanan sehat itu mudah dibuat. Anak-anakpun secara bergantian menunjukkan hasil sandwich yang mereka buat dilayar. Ustazahpun membimbing anak-anak untuk berdoa sebelum makan. Wah, serunya, ya, bisa makan bersama teman-teman!

 

Demikian tadi sekilas kegiatan gebyar tematik kelas 1 SD Al Hikmah Surabaya. Semoga dengan kegiatan ini, anak-anak lebih termotivasi untuk berkarya dan berprestasi. Meski pandemi, hasil jerih payah karya yang mereka buat juga bisa dilihat oleh teman-teman. Tentunya, untuk menjadi anak kreatif dan berprestasi harus diimbangi dengan rajin beribadah dan mengonsumi makanan yang bergizi.  (AYUWIHA)