Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami (031) 8299094

Membuat Disinfektan Sendiri Mudah Dilakukan Murid-murid Kelas IV SD Al Hikmah Surabaya

Membuat Disinfektan Sendiri Mudah Dilakukan Murid-murid Kelas IV SD Al Hikmah Surabaya

Virus corona yang bisa menjangkit semua kalangan masih meningkat penularannya di Indonesia. Sebagai upaya pencegahan sekaligus membersihkan lingkungan dari berbagai penyakit, perlu disemprotkan disinfektan.

Membuat disinfektan sendiri akan mempermudah dan menghemat kantong selama belajar di rumah. Cairan disinfektan bisa disemprotkan di setiap ruangan rumah, namun bagaimana cara membuat yang benar?

Cara Membuat Disinfektan

Campurkan 1 tutup botol takar cairan pembersih lantai dengan 5 liter air. Gunakan sebagai pembersih rumah dan perabotan tertentu. Bisa juga disemprotkan ke sudut ruangan.

Selain menjadi pengharum ruangan, cairan ini bisa membantu membersihkan rumah dari bakteri dan virus berbahaya.

Kamis, 10 Juni 2021 murid-murid kelas IV SD Al Hikmah Full Day School Surabaya praktek membuat disinfektan sendiri di rumah lewat zoom. Praktek ini dilakukan setelah anak-anak menyelesaikan penilaian akhir

tahun atau PAT.

Mereka menyiapkan alat dan bahan, mempresentasikan, dan memperagakannya secara langsung lewat zoom yang disaksikan guru dan teman-temannya.

Mudah bagi anak SD kelas IV untuk melakukan itu semua karena mereka bisa membaca dan melihat dari berbagai sumber yang ada, tak pernah memiliki pengalaman itu sebelumnya. Tapi, bagi guru-guru sebagai pembimbing, tidak ada yang tidak mungkin selama upaya pendampingan maksimal dilakukan. Mereka diberi pengalaman untuk bisa membuat sendiri disinfektan di rumah.

Saat presentasi, yang biasanya zoom meeting hanya tampak setengan wajah, ketika presentasi berani tampil dengan wajah tampak utuh di layar monitor.

Semoga pengalaman-pengalaman tersebut bisa memantik mereka untuk menjadi pribadi yang terampil berkomunikasi, bertanggung jawab, serta meningkatkan kesabaran dalam setiap proses kebaikan, hingga mereka menjadi generasi yang dicintai masyarakatnya kelak. Aamiin. Lely