Kunjungi Web Kami : Yayasan | TK | SD | SMP | SMA | Boarding School | STKIP Al Hikmah Surabaya
Login | Hubungi kami (031) 8299094

MASIH SD, TERAMPIL PRESENTASI

Presentasi tugas akhir kelas 6 SD Al Hikmah Surabaya

MASIH SD, TERAMPIL PRESENTASI

Tak semua orang mampu berbicara di hadapan orang banyak, apalagi dalam forum resmi. Padahal, kemampuan tersebut amat dibutuhkan di masyarakat. Bahkan, amat lekat mewarnai dunia akademisi, juga dunia kerja. Itu sebabnya, penting sekali keterampilan berbicara di depan umum dilatihkan sejak dini, tak perlu menunggu sampai jenjang perguruan tinggi.

 

Selama enam hari efektif, mulai hari Senin, 31 Mei 2021 murid-murid kelas VI SD Al Hikmah Full Day School Surabaya kembali melaksanakanujian terbuka. Yang diujikan adalah Tugas Akhir Kelas VI, sebagai salah satu syarat kelulusan jenjang SD. 
Mereka diberi pilihan tema dalam pembuatan Tugas Akhir, yaitu IPA atau IPS. Yang IPS, mereka harus membuat sebuah produk kreatif layak jual dan harus dijual serta dilaporkan saat presentasi. Yang IPA, mengadakan penelitian dan percobaan. Tema tersebut dipilih sesuai kesukaan tiap kelompok. Alhasil, muncul aneka produk dan karya alat yang unik-unik. Ada Masker Kunapi (Kulit Buah Naga dan Pisang), Ice Cream Bayam, Burger Pancake, Pesan Rahasia, Scanted Candle, Lampu Awan, dll. 
Bagaimana gambaran nyata mereka berbicara di hadapan orang banyak dalam forum resmi?
Mereka layaknya seorang pembicara andal. Mereka menyiapkan materi, mempresentasikan, dan menjawab secara spontan berbagai pertanyaan di forum terbuka. Tampilan mereka disaksikan para orang tua yang diundang, guru-guru, dan teman-temannya. Di saat mereka berperan menjadi audience pun, bisa menjadi penanya layaknya seorang penguji.


Orang tua mereka yang hadir adalah para penguji karena semua bertanya terkait dengan paparan materi yang disampaikan presenter saat moderator membuka sesi tanya jawab. Sebagian orang tua merasa senang

anaknya berani berbicara di depan khalayak, meski daring. Hal itu disampaikan saat sesi pemberian opini.
Ujian Terbuka tersebut, merupakan bagian dari perjalanan yang begitu panjang. Sebelumnya, mereka harus masuk dalam sebuah tim. Melalui tim tersebut semua proses dimulai. Mereka harus menemukan ide, membangun team work yang solid, membangun komunikasi secara intens, penuntasan proyek dan laporan tulis secara benar, pembuatan ppt dan flyer, hingga presentasi. Itu bukan program pertama dilaksanakan di SD Al Hikmah Full Day School Surabaya, melainkan sudah kali kesekian. Bedanya tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya adalah pembimbingan hingga presentasi dilaksanakan secara daring.
Tak mudah bagi anak SD untuk melakukan itu semua karena mereka tak pernah memiliki pengalaman itu sebelumnya. Tapi, bagi guru-guru pembimbingnya, tidak ada yang tidak mungkin selama upaya pendampingan maksimal dilakukannya. Mereka diberi pengalaman menjadi presenter dan sebagiannya ada yang merangkap menjadi moderator tim lain.


Fakta pun berbicara. Saat presentasi, anak-anak yang semula kurang percaya diri, yang enggan bertanya-menjawab atau pasif dalam pembelajaran, mampu berpresentasi dengan baik. Mereka satu per satu tampil tampak tenang dengan suara jelas, tempo dan intonasinya pas. Yang biasanya zoom meeting hanya tampak setengan wajah, ketika presentasi berani tampil dengan wajah tampak utuh di layar monitor. 


Semoga pengalaman-pengalaman tersebut bisa memantik mereka untuk menjadi pribadi yang terampil berkomunikasi, bertanggung jawab, semangat bekerja sama, serta meningkatkan kesabaran dalam setiap proses kebaikan, hingga mereka menjadi generasi yang dicintai masyarakatnya kelak. Aamiin. -NS-